Download Aplikasi Android Terbaru | Review Smartphone Android

Kamis, 14 Februari 2013

Benchmark DmC pada Komputer Jadul Dual Core E2180 + VGA 8600GT

Benchmark DmC pada Komputer Jadul Dual Core E2180 + VGA 8600GT. Yo sobat maniax! Saya lagi semangat banget hari ini buat sharing bagaimanakah jika game modern DmC (Devil May Cry 5) dimainkan pada komputer / PC yang jadul dengan Prosesor Dual Core E2180 2GHz, Ram 2GB DDR2 dan VGA 8600 GT. Yak saya tahu pasti banyak yang bilang game ini sulit dimainkan dengan lancar pada spek lawas seperti ini mengingat kebutuhan minimum Requirement-nya ngga mencukupi lho.

Nah sebelum lanjut ke Benchmark DmC pada Komputer Jadul Dual Core E2180 + 8600GT ini, ada baiknya anda mengetahui seperti apa Requirement dari game DmC ini, dan berikut adalah detailnya :


Minimum Requirement game DmC pada PC :
OS : Windows XP / 7
Prosesor : Core 2 Duo 2,4 GHz
RAM : 2GB
VGA : 8800 GTS atau yang setara

Recommended Requirement game DmC pada PC :
OS : Windows 7 / 8
Prosesor : Quad-Core Q8400 2,4 GHz / Core i3 / Core i5 / Core i7
RAM : 4GB
VGA : Radeon HD 6950 atau yang setara

Wow.... coba liat itu minimum Requirementnya dan bandingkan dengan spek PC jadul saya diatas.. wkwkwk.. sudah keliatan banget kan kalo Prosesor sama VGA saya jelas-jelas ada dibawah itu.. apalagi VGAnya.. mungkin 3x lipat dibawah itu wkwkwk. Eits tapi tunggu dulu, karena saya akan menunjukkan pada anda kalo PC Jadul saya itu masih mantap lho buat main DmC ini hehe. Sudah penasaran bagaimana Benchmark DmC pada Komputer Jadul Dual Core E2180 + 8600GT ini? Langsung saja simak hasilnya berikut ini.

1. Persiapan Komputer Jadul
  • Motherboard : AsRock Dual VSTA (Ada 2 slot DDR1 dan 2 slot DDR 2)
  • Prosesor : Intel Dual Core E2180 2.0 GHz
  • Memory RAM : 2GB
  • VGA : POV 8600GT 256MB DDR3
  • Harddisk : WDC 80GB
  • Layar : Advance 15,6"
  • DVD : Lite-On
  • PSU + Casing : Simbadda (500W PSU)
  • Estimasi perkiraan biaya untuk harga second : Rp. 1,5Juta
Masih ngga percaya spek PC saya seperti diatas? Monggoh diliat screenshotnya dibawah ini, asli kok original print screen by me :)



2. OS yang digunakan dan langkah-langkah awal sebelum menjalankan Game
Saya menggunakan OS Windows XP SP3 dan Menginstall fungsi Direct3D Overrider dari RivaTuner. Yang mau tahu pemakaian Direct3D Overrider silahkan lihat disini.

3. Hasil Benchmark DmC pada Komputer Jadul Dual Core E2180 + 8600GT
Dalam benchmark ini saya akan menggunakan resolusi 1024 x 768 dengan 4 Settingan yaitu Maximum Setting, Ultra Setting, Very High Setting dan High Setting dimana semua settingan ini tanpa menggunakan VSync (VSync OFF). Nah loh.. hayo.. saya ngga ngambil settingan medium atau low lho.. wkwkwk makin penasaran kan? Monggoh dilihat sendiri hasilnya :D

Setting Maximum Quality pada DmC

Pada setting ini saya mensetting Graphic Quality : ULTRA serta mengatur HD Textures : ON, HD Antialiasing : ON, HD Shadows : ON. Saat movie terlihat sekali jika komputer saya ngelag saat menjalankan setting ini. Dan saat in-game beberapa kali terlihat saat musuh bertambah banyak maka lag pun semakin terasa.
FPS In-Game yang saya rasakan berkisar 15-32

Setting Ultra Quality pada DmC

Pada setting ini saya mensetting Graphic Quality : ULTRA serta mengatur HD Textures : OFF, HD Antialiasing : OFF, HD Shadows : OFF. Dibandingkan dengan Maximum Quality, setting ini terasa lebih enteng kendati memang sempat beberapa kali mengalami lag juga tapi tidak separah setting MAXIMUM.
FPS In-Game yang saya rasakan berkisar 20-35

Setting Very High Quality pada DmC

Pada setting ini saya mensetting Graphic Quality : HIGH serta mengatur HD Textures : ON, HD Antialiasing : ON, HD Shadows : ON. Dalam setting ini perbedaan kelancaran permainan cukup terlihat dan jujur saya sudah nyaman memainkan dalam settingan ini dan tanpa terasa saya sampai memainkannya cukup lama. Hanya ada beberapa kali lag saja khususnya pada movie dan ini wajar.
FPS In-Game yang saya rasakan berkisar 30-45

Setting High Quality pada DmC

Pada setting ini saya mensetting Graphic Quality : HIGH serta mengatur HD Textures : OFF, HD Antialiasing : OFF, HD Shadows : OFF. Yak setting inilah yang menurut saya nyaman dan bisa menikmati permainan dalam game ini. Pada setting ini memang ada Movie yang terasa sedikit ngelag namun dalam In-Game saya sangat enjoy menikmati pertarungan melawan musuh didalamnya dan bahkan sangat mudah untuk mendapat Stylish Point hingga SSS.
FPS In-Game yang saya rasakan berkisar 38-50

Catatan Penting :
Game DmC ini pernah juga saya mainkan pada komputer dengan spesifikasi menengah dan memang saya lihat pada bagian Event / Movie tertentu akan mengalami sedikit lag atau skip frame. Sepertinya ini dikarenakan game DmC untuk PC ini merupakan hasil Portingan dari versi Konsol. Jadi jika anda mengalami lag-lag semacam ini maka itu adalah wajar.

Nah gimana brader menurut kalian?
Tidak perlu beli PC barukan untuk bisa memainkan game-game yang cukup modern seperti DmC ini? Asalkan minimum PC kalian seperti punya saya dan juga menggunakan OS Windows XP SP3 maka insya Allah masih playable kok buat maen game-game terbaru hehehe. Oke sobat semoga Benchmark DmC pada Komputer Jadul Dual Core E2180 + VGA 8600GT ini bermanfaat untuk anda :)

Benchmark DmC pada Komputer Jadul Dual Core E2180 + VGA 8600GT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rigih

4 komentar:

  1. Tapi kalo asus A46CM-WX091D bisa jugak kn gan? Cz mengingat procie.nya kn cuma 1.8 GHz :o

    BalasHapus
  2. @Anony,
    Wah jangan lihat besar GHz-nya saja gan tapi lihat kemampuannya :D
    Kita bandingkan lewat Passmark ya, Prosesor dan VGA saya dengan Laptop A46CM-WX091D.

    Skor Passmark PC Saya :
    ----------------------------------------
    Prosesor Dual Core E2180 : 1039
    VGA 8600GT : 258

    Skor Passmark A46CM-WZ091D :
    ----------------------------------------------------
    Prosesor i3 3217UM 1.8Ghz : 2256
    VGA GT 635M : 800+

    Coba liat itu perbandingannya wakakakak. Komputer saya jelas kalah jauh sama Laptop agan :D. Perkiraan saya Laptop agan lebih kuat 400% dari PC saya gan :)

    BalasHapus
  3. Wah, makasih atas infonya gan :D maklum masih newbie dalam hal-hal tsb. :p

    BalasHapus