Download Aplikasi Android Terbaru | Review Smartphone Android

Minggu, 24 Februari 2013

Benchmark Game Mafia II pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT

Benchmark Game Mafia II pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT. Sobat maniax, sebelumnya saya pernah melakukan benchmark game Alan Wake yang menurut saya pribadi cukup luas dan cukup pantas disebut Open World kendati orang didalamnya tidak terlalu banyak. Namun sayangnya game tersebut tidak bersahabat dengan PC Jadul dikarenakan portingan konsol yang cukup buruk. Nah kali ini saya mau melakukan Benchmark pada game yang sama bagusnya atau bahkan lebih bagus lagi dari Alan Wake yaitu Mafia II yang terkenal cukup luas dengan tema Open World-nya.

Saya memang sengaja ingin membandingkan gama Mafia II ini dengan Alan Wake karena memang dari beberapa gamer / user dan juga reviewer mengatakan game ini bersahabat dengan PC walaupun PC jadul sekalipun. Nah awalnya saya ngga percaya tapi waktu mencoba sendiri, akhirnya saya benar-benar percaya jika game ini memang sangat worthed dari segi kualitas gameplay, grafis, realitas jalan cerita dan juga performa! Simak saja Benchmark Game Mafia II pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT dibawah ini


1. Perbandingan Requirement Mafia II dan PC Jadul saya

Minimum Requirement Game PC Mafia II :
Prosesor : Pentium D 830 3.0GHz atau Athlon 64 X2 Dual Core 3600+
VGA : GeForce 8600 GT atau Radeon HD 2600 Pro   
RAM : 1,5 GB
OS : Windows XP

Recommended Requirement Game PC Mafia II :
Prosesor : Core 2 Quad Q6600 2.4GHz atau Opteron Dual Core 2216   
VGA : GeForce 9800 GTX atau Radeon HD 3870
RAM : 2 GB
OS : Windows XP / 7

Spesifikasi PC Jadul saya :
Motherboard : AsRock Dual VSTA (Ada 2 slot DDR1 dan 2 slot DDR 2)
Prosesor : Intel Dual Core E2180 2.0 GHz
Memory RAM : 2GB
VGA : POV 8600GT 256MB DDR3
Harddisk : WDC 80GB
Layar : Advance 15,6"
DVD : Lite-On
PSU + Casing : Simbadda (500W PSU)
Estimasi perkiraan biaya untuk harga second : Rp. 1,5 Juta

Waw.. bahagia sekali saya melihat Requirement dari game Mafia II ini karena ternyata kendati bergrafis sangat indah dan ber-dunia cukup luas ternyata spesifikasi yang dibutuhkan oleh game ini terbilang minimum lho. PC saya yang tergolong jadul saja rata-rata berada diatas Minimum Requirement kecuali pada bagian VGA yang bisa dibilang sama.

2. OS yang digunakan dan langkah-langkah awal sebelum menjalankan Game
Saya menggunakan OS Windows XP SP3 dan Menginstall fungsi Direct3D Overrider dari RivaTuner. Yang mau tahu pemakaian Direct3D Overrider silahkan lihat disini.

3. Hasil Benchmark Mafia II pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT
Dalam benchmark ini saya akan menggunakan resolusi 1024 x 768 dengan 3 Settingan yang berbeda yaitu High Setting, Medium Setting dan yang terakhir Low Setting tanpa  menggunakan VSync (VSync OFF). Silahkan anda lihat hasil benchmarknya dibawah ini :

Setting High - Vsync Off

Pada setting ini sebelumnya saya memprediksi game ini bakalan berjalan di kisaran 10 fps saja mengingat begitu banyak objek bergerak disini melebihi Alan Wake, namun ternyata dugaan saya salah. Kendati Setting High, saya masih bisa merasakan game ini berjalan cukup baik kendati memang lambat akibat fps yang minim. Tentu saja 1 hal yang saya rasa kurang disini adalah prosesor saya yang masih Dual Core dan juga VGA memori yang hanya 256 MB. Sangat terlihat jika berada di antara banyak objek bergerak, fps akan turun sementara saat lebih sepi fps akan langsung naik.
FPS yang saya rasakan sekitar 18-36 fps

Setting Medium - VSync Off

Disetting Medium ini cukup terasa perubahannya dimana game ini semakin playable. Saya pribadi melihat pada setting ini grafis masih menampilkan segala sesuatunya dengan manis dan indah. Pada setting ini, memang masih saya rasakan lag apabila berada di dunia Open World dengan banyak Objek bergerak ataupun efek-efek seperti tembakan, namun meskipun begitu saya merasa setting ini cukup nyaman untuk dimainkan dan tentunya lebih nyaman dibandingkan dengan High.
FPS yang saya rasakan sekitar 25-42 fps

Setting Low - VSync Off

Hanya satu kata yang saya rasakan untuk setting Low ini... Puas! Saya awalnya mengira bakal mendapat grafis murahan dan jelek namun ternyata siapa sangka jika grafis masih terlihat cukup bagus dan bahkan saya masih bisa melihat kerutan pada wajah karakter lho. Tidak itu saja, pada setting ini gameplay terasa paling nyaman dibandingkan yang lain dan cukup drastis juga perbandingannya dengan sebelumnya. Hanya terasa sedikit lag  saat menemui Open World dengan banyak Objek bergerak namun saya memperkirakan fps yang diraih masih diatas 30, selain itu semua terasa sangat lancar dan nyaman untuk memainkan game ini. :)
FPS yang saya rasakan sekitar 35-50 fps

4. Kesimpulan Benchmark Mafia II pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT
Impresif! itulah kata yang berulang kali ada dipikiran saya karena ternyata game ini bersahabat dan tergolong ringan untuk dimainkan pada PC jadul sekalipun, berbeda dengan Alan Wake yang cukup Lambat. Yang lebih mengagetkan lagi, kendati menggunakan Setting Low ternyata Grafis yang ditampilkan masih tetap indah dan tentunya bakal membuat anda semakin betah untuk memainkan game ini. :)

Benchmark Game Mafia II pada Komputer Jadul E2180 + 8600GT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rigih

0 komentar:

Posting Komentar