Download Aplikasi Android Terbaru | Review Smartphone Android

Jumat, 14 Desember 2012

Inilah Jadwal Imunisasi untuk Bayi yang perlu diketahui Orang Tua

Anda para orang tua yang baru saja mempunyai bayi, apakah anda tahu kapan anda harus melakukan program imunisasi untuk kekebalan tubuh bayi anda? Nah, inilah permasalahan yang kerap kali terjadi pada orang tua yang selalu terlambat mengikutkan program imunisasi, mereka tidak tahu sama sekali kapankah jadwalnya. Sebenarnya pentingkah Jadwal Imunisasi untuk Bayi ini? Tentu sangat penting, karena pemberian imunisasi lebih awal akan melindungi buah hati anda lebih awal juga.

Ingat jangan sampai telat memberikan perlindungan ini, karena jika anda telat memberikan imunisasi bukan tidak mungkin bayi anda tersebut ternyata sudah terkena penyakit duluan sehingga ini akan menimbulkan masalah nantinya. Mungkin anda bisa melihat Jadwal Imunisasi untuk Bayi pada daerah tempat tinggal anda yang sering kali di adakan tiap bulan atau 2 bulan sekali tapi maksud jadwal disini bukan itu. Maksud jadwal disini adalah pada umur berapakah bayi anda harus diberikan imunisasi dan apa sajakah macam imunisasi yang harus diberikan kepadanya.


Sekarang sudah cukup mengerti kan maksud jadwal disini? Nah, untuk lebih membantu anda kapankah waktu imunisasi yang tepat bagi bayi anda berikut adalah Jadwal Imunisasi untuk Bayi berdasarkan rekomendasi ahli kesehatan :

Saat bayi anda baru saja lahir
Saat pertama kali bayi anda lahir, biasanya ada 2 jenis vaksin wajib yang diberikan yaitu vaksin Hepatitis B1 dan Vaksin Polio 0. Vaksin Hepatitis B1 atau disingkat HB-1 wajib diberikan paling lambat sekitar 12 jam dari waktu kelahirannya. Sementara vaksin Polio 0 diberikan ketika bayi tersebut akan pulang atau anda bawa ke rumah.

Bayi berusia 1 bulan
Dalam usia 1 bulan ini, bayi anda wajib menerima vaksin Hepatitis B2 atau disingkat dengan HB-2. Pemberian vaksin pada usia ini sangatlah penting karena penyakit Hepatitis B2 yang menyerang bayi bisa menyebabkan sang bayi tidak bisa aktif dan banyak bergerak.

Bayi berusia 0-2 bulan
Vaksin untuk mencegah penyakit tuberkulosis bernama BC G ini dapat anda berikan sejak bayi anda lahir. Jika anda ingin memberikan vaksin ini pada bayi anda yang sudah berusia 3 bulan lebih, maka diharapkan anda menguji tuberkulin terlebih dahulu dan vaksin BC G baru diberikan jika ternyata hasil pengujian tersebut negatif.

Bayi berusia 2 bulan
Ada 3 vaksin yang bisa anda berikan pada usia ini yaitu DTP-1, Hib-1 dan Polio-1. Vaksin toksoid difteri dan tetanus DTP-1 bisa anda berikan pada usia sekitar lebih dari 6 minggu. Vaksin Penyakit HiB yaitu Hib-1 bisa anda berikan pada usia mulai melangkah ke 2 bulan dan vaksin Polio-1 bisa anda berikan secara bersamaan dengan vaksin DTP-1.

Bayi berusia 4 bulan
Ada 3 vaksin yang akan anda berikan saat ini yaitu DTP-2, Hib-2 dan Polio-2. Pemberian vaksin yang terlebih dulu dilakukan pada usia ini adalah DTP-2, kemudian pemberian vaksin Polio-2 yang memang bisa diberikan bersama dengan DTP-2. Dan kemudian yang terakhir adalah pemberian vaksin Hib-2.

Bayi berusia 6 bulan
Anda bisa memberikannya vaksin DTP-3, Hib-3 dan juga Polio-3. Pemberian vaksin DTP-3 bisa dikombinasikan dengan vaksin Hib-3, sementara vaksin Polio-3 bisa diberikan bersama dengan DTP-3.

Bayi berusia 9 bulan
Anda bisa memberikan bayi anda Vaksin Campak-1 tepat pada usia 9 bulan ini. Dan apabila pada usia 15 bulan nantinya MMR sudah diberikan maka vaksin Campak-2 sudah tidak perlu diberikan.

Bayi berusia 15-18 bulan
Jadwal Imunisasi untuk Bayi pada usia 15-18 bulan ini adalah pemberian vaksin MMR dan juga Hib-4. Pemberian MMR ini juga sebagai pengganti vaksin Cmapak-2 sehingga nantinya vaksin Campak-2 sudah tidak perlu diberikan lagi.

Inilah Jadwal Imunisasi untuk Bayi yang perlu diketahui Orang Tua Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rigih

0 komentar:

Posting Komentar