Download Aplikasi Android Terbaru | Review Smartphone Android

Jumat, 23 November 2012

[UPDATE] FIFA 13 vs PES 2013 - 2 Game Sepakbola yang Bersaing dalam Orisinalitas

Sobat maniax, kalo ngomongin game sepakbola pasti anda akan teringat antara seri Pro Evolution Soccer (PES) ataupun FIFA. Kedua game ini memang benar-benar bagus dan semakin lama permainannya semakin mendekati realitas. Coba saja anda mainkan versi terbaru dari kedua game ini yaitu PES 2013 dan FIFA 13, saya jamin dah.. anda bakalan betah dan asik bermain sambil mengisi waktu luang / liburan anda :).

Nah kali ini saya sendiri juga mau share sedikit tentang apa yang saya rasakan saat memainkan 2 game sepakbola paling modern ini. Oya, apa yang mau saya share disini ngga ada maksud untuk menjelek-jelekkan salah satu game ini karena jujur saya pribadi menganggap kedua game ini benar-benar bagus dan juga sudah menginstal serta memainkan kedua game ini secara rutin dan bergantian lho hehehe. Oke saatnya review ala Maniax yang culun abis dimulaaaaai...!


FIFA 13


Saat game ini pertama kali dirilis, saya pribadi masih cuek-cuek aja karena betah menikmati permainan FIFA 12 yang terlihat mendekati realitas permainan sepak bola sebenarnya. Namun lama-lama saya penasaran juga sampai akhirnya saya melakukan pesan antar game FIFA 13... wakakak (kayak KFC aja ya...). Dan tidak lama setelah saya instal, langsung saya mainkan dan berikut adalah beberapa tanggapan saya mengenai game ini.
  • Saat masuk menu, saya langsung memainkan game ini versi cepat alias milih tim apa aja (terserah) karena memang sudah penasaran sama game plan dan juga grafisnya. Dan ternyata untuk game plan masih tetap cukup mudah dioperasikan dan untuk grafis.. hmm tetap fantastis dan indah untuk dilihat. Namun entah kenapa bagi saya penampilan grafis fifa sekilas agak seperti kartun ketika saat permainan (dilihat mode jauh).

  • Kemudian dari sisi Gameplay-nya FIFA 13 masih mengadopsi sistem sebelumnya namun kali ini variasi gerakan, penerimaan bola, teknik, salah posisi, dan efek tabrakan terlihat lebih baik dari sebelumnya bahkan saya sering kali menemui efek gerakan yang berbeda ketika kedua pemain bertabrakan.
     
  • Kontrol dalam FIFA 13 ini bisa saya bilang istimewa karena saya benar-benar sangat enjoy dan seolah-olah seperti bermain dalam pertandingan sesungguhnya / live.
     
  • Sayangnya dalam memainkan game ini, saya terkadang merasakan efek sedikit lag atau loncatan frame yang tipis... mungkin sekitar 1/2 sampai 2 frame saja.. tapi tetap saja bagi saya yang cukup jeli dalam melihat fps akan sedikit terganggu dalam memainkan game ini. Padahal saya sudah mematikan fasilitas Aero seperti yang disarankan oleh FIFA 13.
     
  • Oke kembali lagi ke permainan, saya juga merasakan hal yang sedikit aneh dengan efek umpan bola. Entah kenapa saya seperti merasa bola yang saya umpan tidak menggelinding dengan luwes dan original tapi seperti agak melayang. Jadi ya... bisa dibilang agak sakti juga bolanya hahaha.
     
  • Tapi ngga perlu khawatir karena efek tendangan bola masih saya anggap cukup baik dan orisinil sehingga tentu saja.. saya masih menerapkan salah satu hobi saya yaitu menendang kendati jaraknya masih jauh dari gawang hehehe.
     
  • Sayangnya... ada satu hal yang cukup membuat saya frustasi yaitu kalo sudah main Cup / Kompetisi. Wow... mau menang lawan tim kecil saja sulitnya amit-amit... tahu ngga tim yang jadi bulan-bulanan di Liga Champion si "Braga" bisa menang sampe 5-0 lawan saya.. padahal di friendly match aja saya bisa menang 3-0 lawan Manchester United... wakaakaka... atau mungkin saya yang idiot kali ya... tapi jujur asli wuangeeeel (alias susaaaaah).

PES 2013


Setelah saya puas main FIFA 13, berikutnya saya langsung menginstal PES 2013 yang ikutan juga dalam layanan pesan antar.. wakakakak. Nah mau tahu review PES 2013 ala The Culun Maniax? Monggoh simak cerita saya dibawah ini.
  • Waktu pertama kali masuk ke menu PES 2013 ini saya sempat down juga dengar lagu yang cukup lebay... (suaranya kayak.. dosssaaa dossaaa aku ga eruh dosssaa... xD) ga tahu lagunya siapa.. tapi yang jelas saya kurang begitu suka.. hahaha.
     
  • Yak berikutnya saya langsung saja mencoba permainan PES 2013 dengan sistem tanding cepat alias exhibition.. hahaha (emangnya apalagi ya...). Jujur saat saya melihat game plan saya cukup senang karena pengaturannya dan penerapannya dalam pertandingan cukup mudah juga.
     
  • Nah berikutnya ketika masuk dalam permainan, saya cukup dibuat kagum oleh grafis yang ditampilkan oleh PES 2013. Jujur grafis ini lebih baik dari seri sebelumnya dan lebih soft sehingga lebih nyaman di mata (bagi saya). Saya lebih kagum lagi saat melihat grafis permainan (mode jauh) karena ternyata grafisnya terlihat natural dan bisa saya bilang sedikit lebih bagus dibandingkan dengan FIFA 13.
     
  • Belum berhenti kagum saya, kembali saya cukup dikagetkan dengan efek umpan bola dan tendangan yang terlihat begitu luwes sehingga permainan terlihat hidup dan nyata. Belum lagi ditambah dengan efek gerakan / gocek yang makin variatif.
     
  • Sayangnya dalam urusan beberapa gerakan seperti lari dan tubrukan masih terlihat cukup monoton bagi saya. Khususnya dalam efek tabrakan yang sering kali muncul itu-itu saja sehingga mengurangi kesan realitas dalam game ini dibandingkan FIFA 13.
     
  • Anda yang bermain PES 2013 pasti bakal mendengar ocehan-ocehan khas dari komentator, sayangnya ocehan ini cenderung monoton dan payah. Saya lebih baik mematikan komentator PES 2013 ini daripada saya tidak konsentrasi bermain wakakak. Masih lebih baik FIFA 13 dalam urusan ini.
     
  • Pemberian Rating atau Nilai pemain pada PES 2013 bisa saya bilang sangat payah, kenapa bisa begitu? Bagaimana bisa seorang kiper yang menyelamatkan gawangnya berulang kali hanya bisa mendapatkan skor 6? Wow.. bukan hanya itu saja... saya bahkan bisa menebak dengan mudah bagaimana caranya mendapatkan skor bagus untuk seorang pemain disini. Anda cukup sering memegang bola dan melakukan tendangan tidak perduli tendangan itu masuk atau tidak... dan anda akan mendapatkan skor minimal 6.5! (pengalaman saya malah dapet 7 - 8). Masih lebih bagus sistem rating pemain dari FIFA 13 karena benar-benar sesuai dengan realitas.
     
  • Kontrol dalam game ini bisa saya bilang cukup sulit dan lebih sulit dari FIFA 13. Anda yang baru pertama kali memainkan game ini pasti akan mengalami kesulitan kendati melawan musuh yang masih amatiran sekalipun karena hampir segala hal harus anda pertimbangkan matang-matang termasuk kekuatan umpan dan posisi pemain dalam menerima bola.
     
  • Namun satu hal yang cukup saya senangi disini adalah tipikal AI yang bisa saya bilang menyesuaikan levelnya dan masih masuk akal. Jadi saya memainkan game ini bisa dengan enjoy dan bahkan sering kali tertawa kendati dalam posisi terbantai hahaha.
Nah sepertinya itu saja yang bisa saya bahas mengenai artikel FIFA 13 vs PES 2013 ini. Kalo anda masih bingung lebih baik memainkan yang mana, mungkin saya bisa memberikan sedikit saran. Kalo anda mengejar sesuatu yang berbau realitas dan permainan tingkat tinggi dengan level stres yang tinggi pula maka silahkan anda mainkan FIFA 13. Tapi jika anda mengejar permainan realitas sepak bola yang nyaman dan bisa anda nikmati maka silahkan anda mainkan PES 2013. Ingat kedua game ini bagi saya sudah benar-benar bagus dan mendekati realitas jadi kalo tetap bingung ya mainkan saja dua-duanya sama seperti saya hohoho.

    [UPDATE] FIFA 13 vs PES 2013 - 2 Game Sepakbola yang Bersaing dalam Orisinalitas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rigih

    9 komentar:

    1. Nice Posting I Agree,,,,.... Pes Good Quality.Fifa Realistic Commentary

      BalasHapus
    2. @Anonymous,
      Terima Kasih sudah berkunjung :)

      BalasHapus
    3. Terima kasih sudah mampir :)

      BalasHapus
    4. Pes 2013 gak ada leugeu mode

      BalasHapus
    5. @atma,
      Ada kok gan, ini macamnya : http://en.wikipedia.org/wiki/Pro_Evolution_Soccer_2013#Leagues

      BalasHapus
    6. Reviewnya mantep, bener gan meskipun PES 2013 grafiknya bagus tapi monoton efek sama komentatornya..

      Jadi pengen nyoba fifa 2013, minimal spek PC buat fifa 2013 berapa ya gan ?

      BalasHapus
    7. @PES 2013,
      Untuk spek fifa 13 saya pakai :
      - Prosesor Intel Dual Core 2180 (Prosesor lama)
      - RAM 2GB DDR2
      - VGA POV 8600 GT

      bisa mainkan game ini di level high dengan lancar tapi dengan resolusi 1024 x 768 :)

      BalasHapus
    8. fifa is the best !

      BalasHapus